Wednesday, February 18, 2009

KOMPONEN PENDAPATAN NASIONAL

1. Produk Domestik Bruto (PDB)

Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product/GDP) adalah seluruh barang dan jasa yang dihasilkan seluruh warga masyarakat (termasuk warga negara asing) suatu negara dalam periode tertentu biasanya satu tahun.

2. Produk Nasional Bruto (PNB)

Produk Nasional Bruto (Gross National Product/GNP) adalah seluruh barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu negara dalam periode tertentu, biasanya satu tahun, termasuk di dalamnya barang dan jasa yang dihasilkan warga negara tersebut yang berada/bekerja di luar negeri. Barang dan jasa yang dihasilkan warga negara asing yang bekerja di dalam negeri, tidak termasuk GNP.

GNP = GDP - Produk Netto terhadap luar negeri

3. Produk Nasional Netto (PNN)

Produk Nasional Netto (Net National Product/NNP) atau produk nasional bersih adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu negara dalam periode tertentu, biasanya satu tahun setelah dikurangi penyusutan (depresiasi) dan barang pengganti modal.

NNP = GNP - (Penyusutan + Barang pengganti modal)

4. Pendapatan Nasional Netto (Bersih)

Pendapatan Nasional Bersih (Net National Income/NNI) adalah nilai dari produk nasional bersih (net national income) dikurangi dengan pajak tidak langsung.

NNI = NNP - Pajak tidak langsung

5. Pendapatan Perseorangan

Pendapatan Perseorangan (Personal Income) adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima perseorangan sebagai balas jasa dalam proses produksi. Pendapatan perseorangan ini dapat juga disebut pendapatan kotor, karena tidak semua pendapatan perseorangan netto jatuh ke tangan pemilik faktor produksi, sebab masih harus dikurangi laba yang tidak dibagi, pajak penghasilan, iuran jaminan sosial maupun pembayaran yang bersifat transfer payment (pembayaran pindahan) seperti pensiunan.

PI = (NNI + Transfer Payment) - (Iuran Jaminan Sosial
+ Iuran Asuransi + Laba Ditahan + Pajak Perseorangan)

6. Pendapatan Bebas

Pendapatan Bebas (Disposable Income/DI) adalah pendapatan yang diterima masyarakat yang sudah siap untuk dibelanjakan penerimanya. Pendapatan ini merupakan hak mutlak bagi penerimanya. Pendapatan bebas diperoleh dari pendapatan perseorangan dikurangi pajak langsung.

DI = PI - Pajak langsung

No comments:

SISWA YG SDH KIRIM TGS EMAIL "BADAN USAHA"

ditya,yanita,novianto,firliana, khuzaenah, anna, eis, azmi, suharti, ita, latifa, amilatul, rahmawati, minda, marisi, marcela, agustina, haryanti, febri, gatot, marlin, lambang, heru, saham, fajar, susanto, anggri, dewi k, agus k, yunita, ardiana, wahyu dian, arief, mahendra, narno, galih, nurur, chafidz, nasirin, eki, faiz, ulfatun, pipit, subkhan, agus n, ulil, rofiatun, hindun, syukron, nuryanto, rizki, putri, nurul a, st nur khalimah, sulistyawati, ani k, puji, aizatun, st rifati, nurul a, hanik eka, anjar, novan, eva, diyah a, ema, zuli, amalia, renika, debby, rina, dhoni, indra, ayu, windi, awal, nuraeni, rima, eka f, prina, iman, dwisanto, wahyu a, emi, st susmiati, ristiana, nike, andi, rina, devi, kholifah, yuni, devi setya, rina, st tri, ari s, okky, baehaqi, fitriyani, munjiati, listyo,arif juned, dinar, elis, nova.